Senin, 02 November 2015

WAWANCARA POLITIK

Duniapolitik di Indonesia akhir – akhir ini kerap muncul fenomena politik dinasti, ataubisajugadisebutdenganpolitikturun – temurun.Keluarga yang terlibatdalampolitikinibiasanyatidakmaumenggeserkekuasaannyakepada orang lain dancenderunguntukmelakukanapapun demi mempertahankankekuasaannyatersebut. Contohkasus yang terjadidalammasyarakatkitayaitu, kasus yang menjeratbupatiBantendanbupatiBangkalan.Tindakan yang dilakukankeduabupatitersebutcukupberhasil, mengingatbahwaduaperiodepemilukadamerekaberhasilmemertahankankekuasaannya. Namunsayangnyatidak lama setelahitusalahsatudarimerekterjeratkasuskorupsidanalhasiltongkatestafetkekuasaanturun – temuruntersebutmandeksudah. Dapatkitaketahuidaricontohdiatasbahwadampak yang bisaditimbulkanolehpolitikdinastiyaitu, korupsidanbisajadisampaipenyalahgunaankekuasaan. Setelahmemperhatikancontohkasustersebutsudahdapatkitasimpulkanbahwapolitikdinastisangatlahtidakbaik, meskipunpelakupolitikdinastitersebutmerupakan orang yang bijaksanadanbaik. Karenakitamenilaidarisebuahsistimpolitiktersebutdibangundenganpondasi yang kurangbaikdanmungkindengancara yang salah, jadikitamenilaibukandarisiapa yang menjalankan system politiktersebut, melainkankitamenilaidarimana system politiktersebutdibangunataudibentuk.
Berbicaramengenaipolitikdinastitidaklengkaprasanyajikakitatidaksekalianberbicaramengenaipolitikuangataumoney politic. Karena di dalampolitikdinastipastikitaakanmenjumpaipoiltikuang, halinidisebabkanolehparapelakupolitikdinasti yang mencobauntukmempertahankankekuasaannyadengancarakotorataudengancaramempengaruhimasyarakatdenganmenggunakanuangdansembako. Tindakantersebutsemata – matahanyalahsebagaipencitraansupayamasyarakatmenenteukanhakpilihnyauntukmemilihpelakupolitikdinastitersebut. Jadidapatdikakatanuntuksekaranginisiapa yang mempunyaibanyakuangdialah yang akanmemenangkansebuahpemilu. Bersamaansaatitu pula partaipolitiktelahberubahfungsinya, parataipolitik yang harusnyamemberikanpembelajaranpolitikkepadamasyarakat, tapisaatinitelahbanyak yang berubahfungsinyasebagaimakelarpolitik. Konsepdarimakelarpolitikdisiniadalahdimanapelakupolitik yang mempunyaiuang yang paling banyakdialah yang akanmenjadicalondaripartaitersebut. Jikahaltersebutterus – menerusterjaditidakmenutupkemungkinan Indonesia kedepannyaakandipimpinolehpara mafia – mafia politik. Disinilahperangenerasimudadanparagenerasikritissangatdibutuhkangunamemperbaikipolitik Indonesia yang sudahbisadibilangbobrok.
Di dalampolitikbiasanyakitapernahmendengaristilahbirokrasi,danbirokrasi yang seringkitajumpaisekaranginiadalahpolitikpraktis. Birokrasi yang menilaidarisiapa yang mempunyaiuangbanyakdansiapa yang lebihdekatdenganseorang yang dianggapsebagaipemimpinakandipermudahjalannyadalamberpolitik. Tidakhanya di duniapolitiknamun di duniapendidikanjugamengenalkonsepbirokrasiataubisajugadisebutbirokrasisekolahataukampus. Birokrasiinimenilaiseorangindividudarijenjangkarir, masakerja, danpengalaman di dalamduniapendidikan.
Politik di Indonesia saatinidandahulusebelumadanyareformasisangatberbedajauh, dahulupadasaatreformasipolitik Indonesia lebihberpusatpada DPR RI danmemiliki system politik yang kuat. Yang padasaatitu DPR RI menggerakkan DPRD dan DPRD bertugasmenggiringmasyarakatuntukmemilihpartaitertentu. Contohkasus, di era ordebaruparapegawainegeridigiringoleh DPRD untukmemilihpartaiGolkar. Sebuah system politiktersebutberubahsetelahreformasi, dimanapadasaatitubermunculanparta – partaibaruataujugabiasadikenaldengan multi partai. Di era inimasyarakatkitadiberikebebasanuntukmemilihpartaisesuaihatinuranimereka, akantetapi di waktu yang bersamaanlahir pula taktikberpolitikkotordengancaramempengaruhimasyarakatuntukmemilihpartaitertentudengancaramemberiuang, sembako, danmelakukanpencitraandengancarasesekalimelakukanblusukan di tempat – tempattertentu. Sebagaipemilih yang cerdashendaknyakitaberanimelaporkandanmenolaktindakankotortersebut, agar kitabisamemilihpemimpin yang layakdansesuaiharapankita. Salah satucara yang dapatkitagunakanuntukbisamemilihpemimpin yang baikdanlayakyaitudengancaramengetahui track recordnya di dalamduniaperpolitikan. Dengandemikiankitabisayakindanlebihtepatdalammenentukanhakpilihkita. Untuksaatiniperan gender dalampolitikbelumterlaudiakuidandianggapolehpelakupolitiklainnya, bahkanbelumterlalumendapattempat di dalamperpolitikankitaataubisajugadikatakanmasihtersubordinasi. Jikaadapolitikusperempuan yang aktif di perpolitikankitajustrumalahdianggapanehdanterasakurangpantas. Akan tetapi di Malang saatinisudahmulaiterbukaataumulaiadanyakesempatanbagikaumperempuanuntukmendapatkantempatdalamberpolitik, sepertihalnyapolitikusperempuan yang aktif di Malang saatiniyaituibuYakudAnanda yang menjabatsebagai DPR Malang daripartai PKB.
Saatinijejakbeliaujugatelahdiikutiolehbeberapapolitikusperempuanlainnya.Mungkinhalinijugabisasajadisebabkandenganbanayaknyapergurauantinggi yang ada di Malang yang mendesak agar paraperempuanjugabisaterlibatdalampolitik.Namunjikakitamenengokkedaerahpinggirankotafenomenasepertiitumasihsangatjarangkitajumpai, jikaadabiasanyapolitikustersebutdibawaolehanggotakeluarganyadanhaltersebutbelumbisamenunjukkankapabilitasnyasebagaiseorangperempuan. Jadiuntuksaatinitugasdariseorangpengkaji gender yaitumenyadarkanparapelakupolitik agar paraperempuantersebutbisamasukdanmenjadibagiandarimereka. Selainitujuga, harapankedepannyauntukpolitik di Indonesia saatiniadalahbisaterwujudnyademokrasi yang dewasa, demokrasi yang bersihtanpapolitikuangdan yang lainnyasertademokrasi yang sesuaidenganhatinuranimasyarakatkita yang mengaharapkankesejahteraanbisaterwujud. Bukanhanyakarenapara elite politik yang salingbersaingmerebutkandanmempertahankankekuasaanhinggarakyat yang menjadikorban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar